Notification

×

Iklan

Iklan ads

 



Indonesia Performance Camp 2024 Lakukan Ruang Berbagi dan Mengalami Antarpelaku Seni

Selasa, 10 September 2024 | September 10, 2024 WIB Last Updated 2024-09-13T05:52:44Z
Padang || polhukrim.com
Indonesia Performance Camp (IPC) 2024 dilaksanakan mulai tanggal 10–13 September 2024 di Fabriek Bloc Padang. Kegiatan yang dipersiapkan kurang lebih 3 bulan ini merupakan kolaborasi antarjaringan,di antaranya Indonesia Performance Syndicate (IPS),Komunitas Seni Nan Tumpah,Fabriek Bloc, Nusantara Art,dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Program Studi (prodi) Seni Teater.

“IPC 2024 menjadi ruang temu di mana setiap orang yang terlibat di dalamnya dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman soal teknik ketubuhan. Tanggal 10-12 September 2024 akan diisi dengan workshop ketubuhan. Puncaknya, tanggal 13 September 2024 akan ada penampilan kolaborasi dan berkelompok dari para performance” ujar Wendy HS, pimpinan Indonesia Performance Cyndicate (IPS), (10/09/2024).

Workshop IPC diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari perwakilan komunitas pertunjukan di Sumatera Barat, serta dimentori oleh Wendy HS dan duet Mutsumi-Neiro. Wendy HS akan mengenalkan soal Total Body Performance Method. Metode ini merupakan formulasi dari 3 elemen, yaitu gerak dan bunyi pada Tapuak Galembong dalam tradisi Randai di Minangkabau Sumatera Barat serta formasi dasar ketubuhan Silek (Minangkabau Martial Art).

“Total Body Performance Method meleburkan batas disiplin antara seni teater,tari,dan musik menjadi satu kesatuan pertunjukan. Metode ini merupakan bentuk pencarian artistik dari karya seni pertunjukan atas pembacaan terkait kondisi sosial dan alam. Sekaligus sebagai upaya untuk membangun kembali kepekaan manusia terhadap ruang dan semesta” jelas Wendy.

Sedangkan,Mutsumi Yamamoto dan Neiro akan memperkenalkan Butoh. Butoh adalah kesenian yang diperkirakan berkembang sekitar tahun 1950-an dan dipelopori oleh Kazuo Ohno dan Tatsumi Hijikata, tepatnya di tengah kekacauan pascaperang dunia kedua. Ciri gerakannya cenderung tidak ritmis,spontan,dan menolak batasan-batasan konvensional dalam seni pertunjukan.

“Butoh akan selalu seperti bayi. Ia melebihi tari dan puisi, selalu bertumbuh dalam eksplorasi dari berbagai bentuk kemungkinan. Pada akhirnya kita akan menemukan bahwa diri sendiri adalah guru dari setiap eksplorasi itu. Dan Butoh tidak spesifik tentang Jepang,tapi lebih ke soal kemanusiaannya” ujar Neiro. >
Pada Butoh, kita tidak akan menemukan gerakan anggun dan gemulai serta musik yang harmoni seperti balet klasik atau pertunjukan Barat yang populer di era perang dunia ke-2. Ritme musik yang digunakan bisa tiba-tiba melambat dan cepat. Ekspresi dan geraknnya juga sangat beragam. Semuanya sangat bergantung pada latar belakang dan proses performer menemukan jalannya di Butoh.

Karenanya setiap performer Butoh memiliki kekhasan masing-masing. Mereka memberi makna sendiri pada tubuhnya. Tak heran jika kita melihat ada tubuh performer yang dilumuri cat putih dari kaki hingga wajah, menggunduli kepala, menggunakan wig atau berpenampilan seperti perempuan tua.

“Di hari terakhir, Mutsumi-Nerio juga akan menampilkan pertunjukan kolaborasi bersama peserta. Tentu ini jadi pengalaman tersendiri karena ragam teknik dan pengetahuan akan coba disatukan dalam satu bentuk pertunjukan. Proses mengalami ini akan berdampak pada perluasan dan networking lintas disiplin,” tambah Mahatma Muhammad, pendiri dari Komunitas Seni Nan Tumpah.

Selama IPC,Mahatma sendiri akan lebih banyak berperan pada kerja konseptual dan dramaturgi hingga ke proses kreatif. Ia akan terlibat dalam perajutan artistik dari berbagai metode dan cara kerja serta perbedaan budaya dari performer,agar bisa menjadi satu kesatuan dalam penampilan seni pertunjukan di tanggal 13 September 2024.

Setelah IPC,Prodi Teater ISI Padangpanjang akan mengadakan master class Butoh bersama Mutsumi-Neiro di tanggal 14 September 2024 bertempat di kampus ISI Padang Panjang. Kegiatan pengenalan tentang teknik Butoh bukanlah yang pertama kali diadakan di Sumatera Barat.

Tahun 2019,IPS pernah berkolaborasi dengan dengan Yuko Kawamoto dan kelompok Shinonome Butoh Tokyo Jepang pada ASIA BUTOH CAMP#1 di Padangpanjang, Sumatera Barat.Sebelumnya pada tahun 1992,Kazuo Ohno juga pernah ke Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang untuk memperkenalkan Butoh kepada pelaku seni Sumatera Barat.

          Jurnalis : Eparius Laia
×
Berita Terbaru Update