Notification

×

Iklan

Iklan ads

 



KPU Batu Bara Gelar Sosialisasi Memasuki Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan Parpol

Jumat, 14 Oktober 2022 | Oktober 14, 2022 WIB Last Updated 2022-10-14T09:27:32Z
Batu Bara || polhukrim.com
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batu Bara menghadiri sosialisasi salah satu tahapan Pemilu tentang verifikasi faktual pengurus serta keanggotaan Partai Politik yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara, di Aula Hotel Singaporeland, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Jumat (14/10/2022). 

Sementara itu, hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut Ir. H. Zahir, M. AP Bupati Batu Bara dan Marwan, S. Ag. Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara. 

Acara sosialisasi langsung dipimpin oleh ketua KPU Batu Bara Muhammad Amin Lubis, dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan tersebut dilaksanakan, mengingat tahapan Pemilu sudah berjalan dengan jadwal yang sudah ditentukan, ujar Amin. Jelang Pemilihan Umum sudah dimulai rangkaian tahapan Pemilu. Salah satunya tahapan Sosialisasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024,” ujarnya. 

Amin menjelaskan bahwa sesuai aturan “Sosialisasi Peraturan Komisi pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR, DPRD serta pengenalan singkat Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)," jelas Amin. 

Menurutnya, sebagaimana diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 260 Tahun 2022 dan telah beberapa kali dilakukan perubahan, terakhir dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 384 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, tegas Amin. 

“Sesuai amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Putusan Mahkamah Kontitusi Nomor 55 Tahun 2020 maka Komisi Pemilihan Umum perlu mensosialisasikan asensi dari putusan Mahkamah Konstitusi tersebut kepada seluruh partai politik calon peserta pemilihan umum tahun 2024," ujar Amin menjelaskan didepan Ketua Bawaslu Batu Bara. 

Sehingga Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batu Bara telah menandatangani Berita Acara Verifikasi Administrasi Perbaikan Partai Politik yang akan sudah mendaftar di komisi pemilihan umum beberapa bulan lalu”, ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Komisioner KPU Batu Bara Erwin, S.Sos ia menjelaskan bahwa “Sosialisasi untuk persiapan tahapan Verifikasi Faktual ini dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara yang akan dimulai pada tanggal 15 nanti tentunya sangat penting agar pengurus partai politik dan anggota partai politik yang sudah teraplod dalam sipol akan dilakukan uji dalam bentuk faktual di lapangan” paparnya. 

Selain itu jelas Erwin, “Untuk itu kita berharap, peserta sosialisasi ini dapat dengan cermat mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai agar dimengerti dan dapat dijalankan dengan baik” tandas Erwin. 

Kegiatan sosialisasi tersebut turut dihadiri Bupati Batu Bara, Dandim Asahan, Kajari Batu Bara, Ka Lapas kelas IIA Batu Bara, Polres Batu Bara, Perwakilan pengurus Partai Politik, (Red).
×
Berita Terbaru Update